Kumpulan Kisah Inspiratif

Si Rangking 4

10/24/2014


Si Rangking 4

Saya adalah seorang siswi SMA swasta di Manado. Pada sekolah pertama saya, ada hal-hal yang membuat saya tidak nyaman dan saya memilih untuk pindah ke sekolah lain sesuai dengan pilihan orang tua. Tidak ada peningkatan yang terjadi di sekolah baru tersebut, saya tetap menjadi seorang pemalas. Bagi saya, sekolah itu hanyalah formalitas.

Ada dua guru baru di sekolah saya. Saya kagum karena beliau sama baiknya dengan kepala sekolah di sini. Kebetulan saja guru baru tersebut mengajar mata pelajatan Tata Negara. Ya, sebuah pelajaran yang pernah membuatku malu saat masuk dalam jurusan IPS.

Karena saya tak memilih untuk ikut mencontek bersama teman-teman saat ujian berlangsung, maka saya mendapatkan nilai 4. Sebuah nilai terendah di seluruh kelas, dan saya malu sekali. Dari sinilah perubahan itu terjadi. Saya tidak ingin lagi membuat dua orang yang saya kagumi menjadi kecewa terhadap saya.

Sayapun memilih untuk mengubah cara belajar. Setiap jam 8 malam saya mulai masuk ke dalam kamar untuk mengerjakan soal-soal latihan. Di sekolahpun saya menjadi seorang kutu buku dengan membawa buku-buku yang tebal. Teman-teman mengetahui perubahan yang terjadi pada diri saya.

Ujian Nasional pun berlangsung dan saya tetap jujur dalam mengerjakannya tanpa mencontek. Hingga pada akhirnya nilai dari semua ujian itu diumumkan. Sungguh terkejutnya saya bahwa saya dinyatakan menduduki peringkat 4 di seluruh propinsi Sulawesi Utara. Tak hanya itu, nilai untuk pelajaran Tata Negara juga tertinggi dan mendapatkan medali.

Jika kita ingin membuat orang lain menjadi bangga, maka kita harus bisa melakukan perubahan dari dalam diri kita sendiri.

Kisah Inspiratif oleh NN

Ikuti Lomba Kisah Isnpiratf DI SINI

Baca Juga:

0 comments