Menghadapi Kehilangan

Menghadapi Kehilangan


Semua orang pernah merasa kehilangan. Dan yang, belum pastinya akan merasa kehilangan cepat atau lambat. Hanya saja tingkat kehilangan dan kesiapan kehilangan kita akan sesuatu berbeda-beda. Kita tidak siap untuk kehilangan di saat kita bahagia. Kita tidak siap ketika kehilangan orang yang kita cintai di hari yang tidak diduga. Padahal, kehilangan bisa terjadi kapanpun dan pada siapapun.

Kehilangan sering diremehkan. Karena dia tidak punya makna ketika ia belum terjadi. Kita pun tidak pernah mengharapkan kehilangan. Padahal ketika sesuatu hilang, selalu ada penggantinya. Bahkan untuk mencapai sesuatu kita akan kehilangan sesuatu, baik itu hal yang buruk maupun hal yang baik.

Ada pepatah mengatakan rasa memiliki akan datang ketika kita kehilangan. Rasanya, pepatah itu tidak hanya mengajarkan kita tentang betapa pentingnya rasa memiliki tetapi betapa fatalnya rasa kehilangan. Kehilangan tidak boleh diremehkan. Kehilangan justru pembelajaran untuk kita terus merenungi betapa pentingnya orang atau sesuatu yang ada di sekitar kita sekarang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »